Homecare GC

10 Penyebab Penyakit Stroke yang Masih Sering Diabaikan

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini memang tidak menular tetapi dapat menyebabkan terjadinya kematian pada seseorang. Selain itu, stroke juga dapat menyebabkan kelumpuhan akibat adanya kerusakan otak secara permanen. Supaya Anda dan keluarga terhindar dari bahaya stroke sebaiknya ketahui berbagai penyebab stroke  sejak dini.

Apa Itu Penyakit Stroke ?

                Sebelum Anda mengetahui penyebab stroke, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu stroke. Dimana stroke merupakan kondisi yang terjadi karena pasokan darah menuju otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Seperti yang telah diketahui bahwa tanpa darah maka otak tidak bisa memperoleh asupan oksigen maupun nutrisi sehingga membuat sebagian sel-sel otak akan mati. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh yang dikendalikan area otak juga mengalami kerusakan dan tidak bisa berfungsi secara normal.

                Penyakit stroke memang tidak bisa dianggap remeh karena kondisi ini termasuk gawat darurat dan harus segera memperoleh penanganan. Sebab sel otak bisa mati cukup dalam hitungan menit saja. Dengan adanya tindakan penanganan secara tepat dan cepat maka kerusakan otak maupun komplikasi bisa dicegah.

Penyebab Penyakit Stroke

                Selama ini stroke menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kebanyakan orang terutama yang sudah memasuki usia lanjut. Namun pada kenyatannya kini stroke juga bisa menyerang orang-orang di usia yang masih tergolong muda. Supaya Anda dapat terhindar dari penyakit stroke, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya. Akan tetapi beberapa penyebab stroke tersebut terkadang masih banyak diabaikan oleh masyarakat.

Berikut beberapa penyebab penyakit stroke yang perlu diwaspadai.

  1. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Penyebab stroke yang pertama yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi penderita hipertensi sebaiknya perlu waspada karena risiko terserang stroke juga lebih besar. Biasanya hipertensi dapat dialami oleh seseorang karena gaya hidup yang tak sehat, ginjal yang bermasalah serta mengkonsumsi jenis obat tertentu.

  • Merokok

Bagi para perokok sebaiknya perlu waspada karena kebiasaan merokok bisa memicu terjadinya stroke. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung nikotin yang bisa memicu kenaikan tekanan darah. Tak hanya itu, asap rokok juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di bagian arteri leher utama serta pengentalan darah. Kondisi tersebut lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya penggumpalan darah.

  • Penyakit Jantung

Penyebab stroke berikutnya yaitu adanya penyakit jantung yang diderita oleh seseorang. Jantung yang bermasalah ternyata bisa meningkatkan risiko stroke, cacat jantung, gagal jantung, infeksi jantung dan detak jantung tak normal.

  • Diabates

Umumnya penderita diabetes memiliki tekanan darah yang cenderung tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko tersebut stroke. Sebab diabetes bisa merusak pembuluh darah hingga akhirnya risiko terjadinya stroke juga semakin besar. Saat seseorang terserang stroke dan memiliki kadar gula yang tinggi maka risiko kerusakan otak akan semakin berat.

  • Obesitas atau Kegemukan

Berat badan yang berlebihan atau obesitas ternyata menjadi salah satu penyebab stroke yang masih sering diabaikan. Orang yang mengalami obesitas juga cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi sehingga risiko penyakit stroke menjadi lebih besar. Agar terhindar dari stroke maka sebaiknya Anda harus menjaga berat badan agar selalu ideal.

  • Mengkonsumsi Jenis Obat Tertentu

Stroke juga bisa disebabkan oleh konsumsi jenis obat tertentu seperti obat pengencer darah, pil KB, dan terapi hormon. Jika Anda harus mengkonsumsi beberapa jenis obat tersebut sebaiknya sesuai dengan dosisi yang dianjurkan dokter.

  • Usia

Penyebab stroke selanjutnya yaitu dari faktor usia. Meskipun kini stroke bisa menyerang segela usia, namun risiko tersebut akan meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang. Terlebih bagi orang-orang yang usianya sudah mencapai 55 tahun maka risiko stroke lebih berlipat ganda.

  • Riwayat Keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat darah tinggi, penyakit jantung atau diabetes maka Anda juga berisiko terkena stroke. Hal ini disebabkan karena penyebab stroke salah satunya yaitu adanya kelainan genetik yang bisa menghambat alirah darah menuju otak.

  • Jenis Kelamin

Pria ternyata lebih berisiko terserang stroke dibanding dengan wanita saat mereka berusia muda. Sedangkan perempuan lebih berisiko terserang stroke ketika memasuki usia lanjut. Bahkan kondisi tersebut diperkirakan akan sulit untuk sembuh dan risiko meninggal dunia semakin besar.

  1. Sleep Apnea

Penyebab stroke yang terakhir yaitu sleep apnea atau gangguan tidur karena kadar oksigen yang perlahan-lahan berkurang ketika penderitanya tidur. Saat kadar oksigen berkurang maka beberapa organ tubuh termasuk otak menjadi tidak mampu memperoleh suplai oksigen. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penderitanya tidak bernapas saat tidur.

                Beberapa penyebab stroke yang sudah dijelaskan di atas sebaiknya perlu diwaspadai dan tidak diabaikan. Dengan mengetahui penyebab penyakit stroke maka Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini dan berupaya membiasakan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Sehingga risiko terserang stroke menjadi lebih kecil serta terhindar dari berbagai bahaya stroke yang selama ini ditakuti oleh masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top