Homecare GC

5 Tips Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit di Rumah

Merawat orang tua atau lansia tidak hanya dilakukan ketika mereka sakit saja, melainkan setiap saat. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan memenuhi kebutuhannya merupakan cara merawat orang tua paling mudah untuk dilakukan.

Kendati demikian, merawat orang tua bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan apa lagi jika orang tua mengidap penyakit berat seperti alzheimer, demensia, stroke, diabetes, hipertensi dan penyakit kronis lainnya.

Selain penyakit, orang tua juga telah mengalami penurunan pada kekuatan fisik. Kondisi ini menyebabkan mobilitas atau kemandirian orang tua menjadi terganggu.

Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mendapatkan perawatan dan pendampingan yang tepat, bisa dari anak maupun perawat lansia atau caregiver.

Layanan kesehatan home care seperti Homecare GC menghadirkan perawatan, pendampingan, dan pengasuhan secara profesional langsung di rumah klien.

Baca juga: 8 Tips Sederhana Merawat Lansia Dengan Tepat

Cara Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit

Merawat orang tua khususnya yang tengah sakit membutuhkan pengetahuan dasar mengenai perawatan sesuai dengan kondisinya.

Berikut tips sederhana dalam merawat orang tua yang sakit di rumah:

  1. Menyesuaikan Ruangan

Meski tidak ada hubungannya langsung dalam merawat orang tua, menyesuaikan ruangan sangat penting untuk dilakukan.

Buatlah ruangan yang bersih, nyaman, aman, dan dapat mendukung dalam kegiatan merawat orang tua serta singkirkan benda-benda berbahaya seperti furnitur atau kabel.

Siapkan barang-barang yang memang dibutuhkan dalam merawat orang tua dan pastikan mudah untuk dijangkau serta disimpan kembali.

  1. Sediakan Fasilitas Khusus

Orang tua yang sakit biasanya akan membutuhkan fasilitas khusus seperti tempat tidur, kursi roda, atau alat bantu jalan (walker).

Lebih dari itu, terkadang juga membutuhkan alat medis seperti alat bantu pernapasan atau tabung oksigen, NGT, kateter dan lain sebagainya.

Bicarakan dengan dokter atau perawat untuk mendapatkan fasiltias atau peralatan apa saja yang dibutuhkan oleh orang tua.

  1. Menggunakan Jasa Perawat Home Care

Menggunakan jasa perawat home care akan banyak membantu dalam melakukan tugas merawat orang tua yang sedang sakit di rumah.

Perawat home care adalah tenaga kesehatan profesional yang telah menempuh pendidikan kesehatan dan telah berpengalaman dalam pelayanan keperawatan.

Adanya perawat home care dapat membuatmu tetap bisa membagi waktu antara merawat orang tua dengan menjalani aktivitas sehari-hari seperti bekerja.

Tugas dan tanggung jawab perawat home care tidak hanya merawat tapi juga memastikan kesehatan orang tua semakin membaik.

  1. Membuat Jadwal Minum Obat

Minum obat adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh orang tua, buatlah jadwal sesuai dengan anjuran dokter.

Jangan pernah melewatkan jadwal minum obat bagi orang tua, terlambat atau tidak memberikan obat sangat berisiko, apa lagi jika orang tua mempunyai penyakit kronis.

Berkolaborasi dengan perawat orang tua untuk melakukan tugas ini dapat menghindari risiko lupa memberi obat. Bisa juga dengan membuat alarm minum obat untuk orang tua di smartphone.

Selain minum obat, penting juga untuk membuat jadwal kontrol ke dokter setiap periode tertentu atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh dokter.

Baca juga: 7 Tips Agar Cepat Pulih Setelah Operasi

  1. Merawat dan Memenuhi Kebutuhan Orang Tua

Langkah terakhir namun bukan akhir dari tugas merawat orang tua ini sangat krusial dan wajib untuk dilakukan setiap saat.

Konsultasikan dengan dokter atau perawat untuk membuat daftar kebutuhan orang tua selama dalam masa perawatan.

Pastikan dalam memberikan kebutuhan orang tua dilakukan secara berurutan dan berhati-hati.

Dalam merawat orang tua keterlibatan tenaga medis seperti dokter, perawat, ahli gizi, fisioterapi, dan lain sebagainya sangat dibutuhkan.

Selalu konsultasikan dengan dokter jika orang tua mengalami penurunan kesehatan atau mengalami gejala tertentu dari penyakit yang diderita.

Jika perawatan yang dilakukan di rumah tidak memadai, segera bawa orang tua ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Dapatkan layanan perawatan kesehatan di rumah oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

1 komentar untuk “5 Tips Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit di Rumah”

  1. Pingback: 8 Tips Sederhana Cara Merawat Lansia Dengan Tepat - Homecare GC

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top