Homecare GC

8 Tips Sederhana Merawat Lansia Dengan Tepat

Dalam sehari-hari, kita sering menemui kondisi lansia yang mengalami penurunan fisik dan fungsional tubuh. Lansia membutuhkan perhatian khusus, karena kemampuan tubuhnya yang tidak lagi sama seperti dulu. Berikut beberapa tips cara merawat lansia dengan tepat.

Tips merawat lansia dengan tepat tentunya harus diketahui sejak usia muda, sebab dibutuhkan beberapa cara khusus untuk mereka agar tidak merasa disepelekan atau dianggap tidak mampu melakukan apa-apa.

Cara merawat lansia hampir sama dengan merawat balita, yang mana membutuhkan perhatian, kesabaran dan ketekunan. Mengingat orang tua pada umumnya sangat rentan terhadap penyakit dan virus.

Proses penuaan menyebabkan lansia mengalami penurunan fungsi tubuh, baik secara mental maupun fisik. selain itu juga, kompleksnya perasaan juga dapat dialami oleh seorang lansia.

Kondisi tersebut membuat lansia kurang mandiri, terutama lansia dengan riwayat penyakit tertentu biasanya membutuhkan pendampingan serta bantuan untuk melakukan aktivitas tertentu.

Perawatan yang harus dilakukan terhadap orang tua lanjut usia yang terbaring di ranjang tentu sangat berbeda dengan lansia yang masih mempunyai mobilitas cukup baik.

Dalam bahasan ini yang dimaskud dengan lumpuh adalah mereka (lansia) yang mempunyai keterbatasan gerak seperti terkena stroke, pasca operasi, menjalani pengobatan dan perawatan intensif dari dokter hingga disebabkan oleh sakit berat lainnya.

Baca juga: 5 Tips Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit di Rumah

Cara Merawat Lansia

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat orang tua lansia:

  1. Sediakan Makanan Sehat

Usahakan selalu memberikan menu makanan yang sehat. Karena asupan yang baik akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran untuk orang tua kita.

  1. Ajak Olahraga Ringan Bersama

Ajak mereka berolahraga jika memang masih mampu untuk melakukannya. Dengan banyak bergerak akan melatih otot dan tulang mereka agar terhindar dari berbagai penyakit dan kedepannya menjadi lebih leluasa untuk bergerak bebas. Contoh olahraga yang bisa kamu kerjakan Bersama antara lain adalah yoga dan jalan sehat di pagi hari.

  1. Memberikan Layanan Kesehatan Maksimal

Penurunan beberapa fungsi tubuh lansia merupakan dampak dari proses penuaan dan efek dari penyakit kronis tertentu sering menyerang lansia.

Oleh sebab itu pihak keluarga sebaiknya memahami cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia dengan memantau kesehatan dan menyediakan berbagai penunjang lainnya seperti dokter untuk pemeriksaan rutin, terapi, vaksin dan lainnya.

  1. Pantau Kegiatan Lansia Secara Rutin

Tips merawat lansia selanjutnya adalah memantau. Merawat lansia tidak hanya dengan hadir secara fisik saja, tetapi juga secara emosional. Berikan perhatian dengan menelepon, menanyakan kabarnya atau apa yang sedang ia kerjakan.

  1. Waspadai Depresi Pada Lansia

Lansia juga rentan mengalami depresi. Apalagi setelah kehilangan oleh orang yang ia sayangi. Depresi lansia sebenarnya juga bisa muncul akibat penyakit yang diderita mereka. Pasalnya, terjadi perbedaan signifikan saat dia tak sakit dulu dengan kondisi yang sekarang. Periksa rutin Kesehatan orang tua lansia.

  1. Menjadi Terbuka Dalam Segala Hal

Menjadi orang yang terbuka kepada lansia itu merupakan salah satu tips yang baik, terutama kepada orang tua sendiri yang sudah menginjak lansia.

Karena keterbukaan membuat lansia merasakan bahwa dirinya diutamakan dan diperlukan, sehingga tidak ada kesalah-pahaman. Keterbukaaan dalam berkomunikasi kepada lansia akan mempengaruhi perasaan yang dialami oleh lansia.

  1. Periksa Rutin Kesehatan Orang Tua Lansia

Jika orang tua kamu memiliki masalah kesahatan kamu harus rutin untuk mengingatkan jadwalnya dan mengantarnya ke pusat kesehatan untuk pemeriksaan. Minum obat secara teratur jika sedang mengkonsumsi obat.

Tingkat ketergantungan lansia akan bantuan dari pihak keluarga atau kerabat tentu lebih tinggi karena orang tua lanjut usia mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas.

Selain itu, gangguan kesehatan lansia akibat penyakit kronis seperti diabetes, darah tinggi, darah rendah, asam urat dan lainnya.

Sehingga para lansia tentu membutuhkan pasangan, keluarga atau kerabat yang mengetahui cara merawat orang tua lansia.

  1. Mencari Perawat Lansia yang Profesional dan Amanah

Orang tua cenderung untuk tinggal di rumah dibanding di tempat lain atau panti jompo, sebab dengan berada di rumah, orang tua merasa dekat dengan anak anaknya, dan orang tua tahu dimana semuanya berada.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Diabetes dari Luka yang Muncul di Kulit

Saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan perawat lansia home care kapan saja dan dimana saja, anda hanya tinggal mengaksesnya melalui website.

Jika anda membutuhkan jasa perawat lansia tinggal di rumah 12 atau 24 jam. Anda dapat menggunakan layanan kesehatan ini disebut dengan home care, di Homecare GC saat ini tersedia tiga layanan utama yang mana salah satunya adalah Layanan Pendampingan Lansia.

Dengan tetap mendapatkan perawatan di rumah, kesempatan sangat besar bagi Anda untuk terus berbakti kepada orang tua dan membahagiakannya. Orang tua pun kebanyakan lebih ingin menghabiskan masa tuanya bersama dengan keluarga besarnya.

Dapatkan layanan perawatan kesehatan di rumah oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

1 komentar untuk “8 Tips Sederhana Merawat Lansia Dengan Tepat”

  1. Pingback: 5 Tips Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit di Rumah - Homecare GC

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top