Homecare GC

Asupan Gizi Seimbang

Sudahkah Anda memenuhi asupan gizi seimbang untuk tubuh? Pasalnya, asupan gizi seimbang sendiri merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makan tidak hanya semata-mata untuk memenuhi rasa lapar saja. Akan tetapi, ketika mengonsumsi makanan, kandungan gizi yang ada pada makanan pun harus selalu diperhatikan. Saat ini tentunya ada banyak cara mudah untuk menentukan gizi seimbang bagi tubuh.

Dalam hal memperoleh gizi seimbang, Anda perlu mengonsumsi berbagai macam jenis atau kelompok makanan berbeda. Makanan dengan gizi seimbang idealnya terdiri dari beragam jenis nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Cara menerapkan pola asupan gizi seimbang

Mungkin Anda mengetahui atau pernah melihat pola makan dengan gizi seimbang yang digambarkan dalam bentuk piramida. Namun, selain itu saat ini Anda juga dapat memanfaatkan panduan piring makan untuk memenuhi asupan gizi seimbang. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Setengah dari piring makan Anda terdiri dari buah-buahan dan sayuran dengan beragam jenis dan warna.
  • Seperempat dari piring makan terdiri dari protein, yang mana dapat Anda peroleh dari ikan, ayam, atau kacang-kacangan. Sebaiknya batasi asupan daging merah atau daging olahan seperti sosis.
  • Sisa piring yang masih kosong dapat diisi dengan karbohidrat yang dapat Anda peroleh dari nasi merah, biji-bijian utuh, gandum utuh, atau pasta. Mengapa bukan beras putih? Hal ini dikarenakan kandungan gula pada beras putih atau pun roti tergolong tinngi. Oleh sebab itu, hati-hati jika Anda memiliki masalah dengan gula darah.
  • Lengkapi makanan dengan sedikit sentuhan minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak jagung, minyak kanola, dan minyak kedelai. Jangan lupa juga untuk menghindari minyak yang mengandung kolesterol tinggi atau lemak jenuh.
  • Perbanyak konsumsi air putih, dan batasi asupan susu serta produk olahan dari susu. Konsumsu susu yang baik adalah sekitar 1-2 gelas per hari, sedangkan jus sekitar satu gelas sehari, dan jangan lupa untuk menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Asupan gizi seimbang berlaku untuk semua orang

Usahakan untuk mengonsumsi minimal tiga kelompok makanan dari yang sudah disebutkan di atas. Kemudian, konsumsi kelompok maknaan lain yang belum terpenuhi di waktu berikutnya. Namun, jika Anda mengonsumsi makanan yang sudah menjadi satu kesatuan, seperti pasta yang dilengkapi dengan daging dan sayur, maka bukan berarti Anda tidak dapat memenuhi pola asupan gizi seimbang di atas. Akan tetapi pastikan bahwa porsi sayuran dan buah-buahan lebih banuak dari protein dan pasta yang disajikan. Selain itu hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah, membatasi penggunaan saus yang mengandung lemak dan garam tinggi.

Perlu Anda pahami juga bahwa panduan piring makan untuk memenuhi gizi seimbang di atas juga dapat diterapkan oleh semua orang, baik yang memiliki berat badan ideal maupun yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas). panduan ini juga sangat cocok digunakan untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, panduan makan ini mungkin kurang tepat jika diterapkan pada anak-anak yang berusia di bawah dua tahun. Hal ini disebabkan karena kebutuhan nutrisi mereka berbeda. Demikian juga untuk Anda yang harus menjalani pola makan khusus karena memiliki riwayat medis tertentu. Untuk itu, ada bainya jika Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui pola makan seperti apa yang cocok untuk Anda terapkan.

Imbangi dengan aktivitas fisik

Perlu Anda ingat bahwa pola makan sehat yang tidak disertai dengan aktivitas fisik atau olahraga akan sia-sia. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya pola hidup sehat tidak hanya sebatas asupan gizi seimbang. Seperti yang Anda ketahui bahwa makanan dan minuman mengandung kalori yang diperglukan sebagai energi untuk beraktivitas. Oleh sebab itu,penting untuk memiliki gaya hidup aktif dan berolahraga secara teratur. Hal ini bertujuan agar kalori di dalam tubuh tdapat dibakar dan tidak hanya ditimbun.

Ketika tubuh Anda tidak aktif bergerak dan kalori yang dikonsumsi melebihi batas jumlah yang dibutuhkan tubuh, maka kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak. Dengan begitu, bukan sehat yang didapatkan melainkan berat badan yang semakin bertambah.

Selain untuk menghindari obesitas atau penambahan berat badan, olahraga atau aktivitas fisik sehari-hari juga dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjauhkannya dari risiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, jantung, diabetes, dan stroke. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai asupan gizi seimbang dengan panduan piring makan yang diimbangi dengan aktivitas fisik rutin. Jangan ragu untuk berkosultasi dengan dokter gizi apabila Anda memiliki pola makan atau kondisi kesehatan tertentu demi mendapat anjuran makan yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top