Homecare GC

Hari Diabetes Nasional : Mengenal Diabetes Lebih Jauh

Hari Diabetes Nasional ditetapkan setiap tanggal 18 April oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan diperingatinya Hari Diabetes Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit, khususnya penyakit diabetes. Pasalnya, meski bukan penyakit menular diabetes tercatat menempati urutan ketiga penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesiao sejak tahun 2014. Tak hanya itu, berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berada pada posisi kelima dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi tahun 2021 dengan total kasus 19,5 juta jiwa dengan rentang usia 20-79 tahun.

Mengenal Diabetes Lebih Jauh

Dilansir dari laman resmi WHO, diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika pancreas tidak menghasilkan cukup insulin. Dalam hal ini, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan secara efektif. Insulin sendiri merupakan hormon dalam tubuh yang berperan dalam mengatur gula darah (glukosa).

Tanpa insulin, tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi sehingga menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah. Jika kondisi ini dibiarkan, maka tubuh akan mengalami peningkatan glukosa (hiperglikemia) yang seiring berjalannya waktu akan menimbulkan kerusakan pada  serius pada pada berbagai sistem tubuh, terutama pembuluh darah dan saraf.

Jenis-Jenis Diabetes

Secara umum penyakit diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

  • Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1atau yang dikenal juga dengan diabetes autoimun terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Penyebab diabetes tipe 1 ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah dusebabkan karena faktor genetik serta faktor lingkungan.

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang lebih sering terjadi. Kondisi ini terjadi karena resistensi sel tubuh terhadap insulin di mana sel-sel tubuh menjadi kurang sensitive terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik. Diketahui sekitar 90-95 persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2.

  • Diabetes Gestasional

Jenis diabetes ini hanya terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini terjadi akibat perubahan hormon dan setelah ibu hamil menjalani persalinan gula darah akan kembali normal.

Gejala Diabetes

Masih berhubungan dengan Hari Diabetes Nasional, perlu diketahui bahwa diabetes tipe 1 berkembang dengan cepat dalam waktu beberapa minggu atau bahkan hari. Sementara itu, diabetes tipe 2 gejalanya cenderung tidak spesifik sehingga penderita baru menyadari penyakit yang dideritanya selama bertahun-tahun. Kenali beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 berikut :

  • Sering merasa haus.
  • Mudah merasa lapar.
  • Buang air kecil lebih sering terutama di malam hari.
  • Berat badan dan massa otot berkurang tanpa penyebab yang jelas.
  • Badan lemas.
  • Pandangan kabur.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Sering mengalamin infeksi.
  • Terdapat keton pada urin. Keton merupakan produk sisa dari pemecah otot dan lemak akibat tubuh yang tidak dapat menggunakan darah sebagai energi.

Selain gejala di atas, beberapa gejala lain juga dapat menjadi tanda seseoramg mengalami diabetes, yaitu :

  • Mulut kering.
  • Gatal-gatal.
  • Muncul sensasi terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.
  • Disfungsi ereksi (impotensi)
  • Muncul bercak hitam di bagian tubuh tertentu.
  • Mengalami hipoglikemia reaktif.

Pencegahan Diabetes

Sayangnya, diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena penyebabnya belum diketahui secara pasti. Meski begitu, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional masih bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Dalam hal ini, pola hidup sehat meliputi menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, dan istirahat yang cukup. Selain itu, lakukan pengecekan kadar gula darah setidaknya sekali setahun. Pada peringatan Hari Diabetes Nasional ini, mari mulai terapkan pola hidup sehat agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk diabetes. Selamat Hari Diabetes Nasional 2022.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top