Homecare GC

Hari Kesehatan Sedunia 2022 : Our Panet, Our Health

Hari kesehatan dunia daperingati setiap tahun pada tanggal 7 April dan didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hari ini menjadi momen seluruh masyarakat dunia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Tak hanya menciptakan kesehatan masyarakat, peringatan ini juga meliputi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kesehatan mental, kesehatan ibu dan anak, hingga terkait perubahan iklim yang diperingati dengan tema yang berbeda di setiap tahunnya dan Hari Kesehatan Seduni Tahun 2022 mengusung tema Our Planet Our Health.

Sejarah Hari Kesehatan Dunia

Pada tahun 1948, untuk pertama kalinya WHO mengadakan Majelis Kesehatan. Dalam agenda tersebut, majelis tersebut memutuskan untuk memperingati 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan untuk pertama kalinya pada tahun 1950.

Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar terkait kesehatan global setiap tahunnya.

WHO juga menyelanggarakan acara di tingkat internasional, regional, dan lokal pada 7 April dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Sumber daya yang disediakan pun cukup hingga beberapa hari setelah 7 April, tanggal yang ditetapkan untuk merayakan Hari kesehatan Dunia.

Tema Peringatan Hari Ksehatan Sedunia 2022

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Hari Kesehatan Sedunia tahun 2022 ini mengusung tema “Our Planet, Our Health”. Melansir dari situs WHO, makna dibalik tema tersebut adalah kesehatan manusia yang bergantung dengan keadaan bumi.

Berdasarkan data WHO, tercatat lebih dari 13 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun disebabkan oleh kerusakan lingkungan , salah satunya krisis iklim. Krisis iklim sendiri mrupakan sebuah ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi manusia.

Waspada Meningkatnya Perubahan Iklim

Sehubung dengan Hari Kesehatan Sedunia 2022 yang fokus pada keselamatan bumi. Berikut ini rangkuman dari WHO mengenai kesehatan manusia yang berhubungan dengan lingkungan.

  • Perubahan iklim menyebabkan cuaca sulit. Di suatu wilayah, bisa saja terjadi hujan terus-menerus sehingga menyebabkan banjir. Kondisi ini bisa menyebabkan 2 miliar orang terkena demam berdarah karena lingkungan yang kotor dan menjadi sarang nyamuk.
  • Terjadinya kemarau berkepanjangan hingga sawah dan ladang menjadi kering, serta masyarakat kekurangan sumber air. Kemarau berkepanjangan juga dapat menyebabkan kebakaran hutan yang mencemari udara sehingga berdampak pada kesehatan pernapasan manusia.
  • Kekurangan sumber air bersih juga menyebabkan 829.000 orang meninggal setiap tahun karena diare.
  • Lebih dari 90% orang menghirup udara yang tidak sehat akibat pembakaran bahan bakar fosil.
  • Dari beberapa poin di atars, dapat disimpulkan bahwa kerusakan bumi sangat amat berpengaruh terhadap kesehatan umat manusia. Oleh karena itu, mari jaga keselamatan bumi kita, sama seperti kita menjaga kesehatan diri sendiri.

Semakin baik keadaan bumi maka semakin tinggi pula angka kesehatan manusia di seluruh dunia. Selamat Hari Kesehatan Sedunia 2022.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top