Homecare GC

Jangan Sampai Remehkan Penyakit Diabetes Dan Akibat Destruktif Yang Ditimbulkannya

Penyakit diabetes adalah disebabkan kadar glukosa darah manusia di atas normal.  Penyebabnya adalah kegagalan glukosa untuk masuk ke sel tubuh. Sel juga gagal memanfaatkan energi dari glukosa tersebut, sehingga terjadi penumpukan kadar glukosa  dalam darah. Lalu, apakah hanya makanan atau minuman manis yang menjadi penyebab diabetes?

Cermati Bagaimana Tingkat Bahaya Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius. Penyakit yang rentan terjadi pada penderita diabetes adalah penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi pada tubuh yang mengalami luka. Namun, dari semua penyakit tersebut, kemungkinan terbesar adalah penyakit jantung.

Penderita penyakit diabetes perlu mendapat pemantauan dokter. Dokter harus memantau kadar kolesterol serta tekanan darahnya secara rutin. Selain itu, penggunaan produk tembakau dalam bentuk apapun apa pun dapat melipatgandakan resiko.

Tipe-Tipe Diabetes.

Tingginya kecenderungan penyakit diabetes di kalangan anak-anak, remaja dan juga dewasa muncul dari berbagai faktor.  Faktor pertama tentu adalah asupan makanan dan minuman. Maraknya makanan dan minuman instan yang disuka kalangan anak dan remaja menjadi penyebab tingginya tingkat penyakit diabetes bagi mereka di usia dini.

Tipe-tipe penyakit diabetes yang selama ini menyerang manusia adalah:

  1. Penyakit diabetes tipe 1
    Tipe ini sering diderita anak-anak dan pemuda, meski prosentase penderita hanya sekitar 5-10% dari semua penderita diabetes. Diabetes jenis ini disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin sama sekali.  Selain karena faktor makanan, diabetes tipe ini juga disebabkann oleh imunitas tubuh yang rendah.
  2. Penyakit diabetes tipe 2
    Tipe ini sangat umum diderita oleh mayoritas penderita diabetes. Diabetes jenis ini disebabkan karena tubuh tidak memproduksi insulin. Kemungkinan kedua adalah sel tubuh tidak dapat memproses insulin, sehingga sel tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa sebagai sumber energi. Penyebabnya antara lain adalah faktor usia, obesitas, faktor genetik dan kurangnya aktifitas
  3. Penyakit Diabetes Kehamilan
    Tipe diabetes ini hanya muncul pada wanita hamil. Memang, tidak ada efek membahayakan pada ibu dan bayi. Diabetes ini bisa hilang saat ibu sudah melahirkan.

Ketahui Tanda – Tandanya dan Segera Atasi!

Penderita diabetes akan mengalami tanda-tanda seperti buang air kecil dengan frekuensi tinggi, rasa haus berlebihan, berat badan yang naik turun, sering merasa sangat lapar, perubahan daya melihat, sering kesemutan, dan sering merasa sangat lelah. Nah, apakah penyakit diabetes hanya disebabkan makanan yang memiliki kadar gula tinggi?

Tidak semudah itu. Semua makanan yang mengandung karbohidrat berpotensi menghasilkan glukosa. Saat makanan diproses dalam lambung, kadar asam lambung mulai memecah makanan. Protein terpecah menjadi amino acid, sedangkan karbohidrat dipecah menjadi glukosa.

Setelah sistem pencernaan memecah makanan untuk disebarkan ke seluruh tubuh, darah menyerapnya dan membawa ke sel tubuh untuk diproduksi menjadi energi. Mereka yang tidak menderita penyakit diabetes, glukosa dikirim ke pankreas yang siap melepaskan insulin. JIka pankreas tidak dapat memproduksi insulin, maka glukosa berlebih tersebut tetap berada dalam darah, sehingga merusak pembuluh darah dan organ tubuh. Kerusakan permanen akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Karena itulah, menjaga asupan makanan sangat penting. Jika kadar glukosa terlalu tinggi, maka glukosa bocor dan mempengaruhi sistem urinasi.Selain asupan makanan, aktivitas fisik juga perlu diperhatikan. Tetapi, bagi mereka yang sudah menderita penyakit diabetes, maka suntikan insulin adalah rutinitas yang harus dilakukan.

Suntikan insulin bukanlah solusi untuk menghilangkan kadar gula dalam darah. Jumlah insulin yang masuk inipun harus sesuai dengan kadar gula dalam makanan yang dikonsumsi, sekaligus jumlah kalori yang digunakan untuk berolahraga.  Bahkan untuk mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe dua, mereka perlu mengkonsumsi obat-obatan khusus. Obat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pankreas dalam memproduksi insulin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top