Homecare GC

Jangan Sampai Salah Langkah! Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar

Luka bakar bisa didapatkan karena berbagai macam hal, seperti terkena percikan api, knalpot kendaraan, setrikaan, minyak panas, atau tidak sengaja bersentuhan dengan benda panas. Ketika hal ini terjadi, sebagian besar orang akan berusaha memberi pertolongan pertama. Lantas, seperti apa pertolongan pertama luka bakar yang tepat? Simak ulasan berikut.

Mengapa pertolongan pertama pada luka bakar itu penting? Hal ini disebabkan agar luka bakar tidak berkembang menjadi kondisi serius yang semakin sulit ditangani. Pertolongan pertama luka bakar dilakukan setelah kejadian. Namun, sebelum mengetahui pertolongan pertama luka bakar, ada baiknya Anda mengetahui tingkatan atau derajat luka bakar terlebih dahulu, antara lain :

  • Luka bakar ringan (derajat 1)

Luka bakar ringan juga bisa disebut dengan luka bakar derajat 1, yang mana luas area lukanya tidak lebih dari 8 cm. jenis luka ini biasanya hanya meliputi lapisan kulit paling luar saja dan tidak berkembang menjadi kondisi yang serius.

Gejala yang muncul akibat luka bakar derajat 1 ini antara lain adalah kemerahan dan bengkak pada area yang terdampak. Contoh luka bakar derajat 1 yang sering terjadi adalah kulit yang terbaar sinar matahari atau tidak sengaja bersentuhan dengan benda panas.

  • Luka bakar sedang (derajat 2)

Luka bakar sedang atau luka bakar derajat 2 dintandai dengan kondisi kulit yang melepuh, bengkak, sangat perih, memerah, atau terkadang berwarna pucat. Jenis luka bakar ini memerlukan tindakan medis lebih lanjut, terutama jika luka bakar meluas ke area tubuh tertentu, seperti wajah, bokong, selangkangan, atau alat kelamin.

  • Luka bakar berat (derajat 3)

Luka bakar berat merupakan luka bakar derajat 3 dan termasuk luka bakar yang parah. Sebab, pada luka bakar ini terjadi kerusakan jaringan lebih dalam sampai ke saraf, otot, atau tulang. Luka bakar ini umumnya tidak lagi berwarna merah, melainkan putih atau bahkan hitam. Selain itu, luka ini juga membuat kulit tidak dapat merasakan nyeri sama sekali akibat sarah yang terdampak.

Penanganan Luka Bakar Ringan

Untuk luka bakar ringan, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah tntunya dengan cara yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan pertolongan luka bakar ringan :

  • Kompres bagian yang mengalami luka dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin dan diamkan selama 15 menit.
  • Jangan oleskan sesuatu yang justru menimbulkan iritasi, seperti pasta gigi.
  • Jika rasa sakit sangat mengganggu dan tidak tertahankan, konsumsi obat Pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Penanganan Luka Bakar Sedang

Penanganan luka bakar sedang sebenarnya hampir sama dengan luka bakar ringan. Berikut beberapa langkah pertolongan luka bakar sedang yang dapat dilakukan :

  • Kompres bagian yang mengalami luka dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin dan diamkan selama 15 menit.
  • Jika timbul luka lepuh, jangan memecahkan luka karena berisiko menyebabkan infeksi
  • Periksa ke dokter jika terdapat luka lepuh yang disertai infeksi berupa bengkak, merah, bernanah, dan rasa nyeri yang bertambah parah.

Penanganan Luka Bakar Berat

Berbeda dengan penderita luka bakar ringan dan sedang, penderita luka bakar berat harus segera dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) dan mendapatkan penanganan langsung oleh dokter. Namun, selama sela waktu menunggu petugas medis, lebih baik dilakukan langkah pertolongan pertama luka bakar untuk menolong pasien, yaitu :

  • Perban longgar area yang mengalami luka bakar.
  • Jangan merendam luka bakar menggunakan air atau mengoleskan salep karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Baringkan korban luka bakar.
  • Tutupi area yang terbakar dengan kain bersih.
  • Jika lika bakar ada di hidung atau saluran pernapasan, jangan letakkan bantal di bawah kepala pasien saat berbaring, karena dapat menutup jalan napas.
  • Dudukkan pasien jika luka bakar ada di wajah.
  • Periksa denyut nadi dan pernapasan pasien sampai pertolongan dating.

Kini Anda kuga dapat memanggil tenaga kesehatan ke rumah untuk mengatasi luka baka dengan layanan Perawatan Luka dari Home Care Green Care.

Hubungi Care Center melalui panggilan telepon di 022 756 3115 atau Whatsapp di 0821 1885 1344. Kami akan mempersiapkan layanan dan profil perawat terbaik kami sesuai dengan kebutuhan pasien.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top