Homecare GC

Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Seorang Perawat Lansia

Banyaknya layanan perawatan kesehatah di rumah atau Home Care saat ini memudahkan siapa saja untuk mendapatkan perawat terbaik tanpa harus ke rumah sakit. Cukup dengan menggunakan internet atau aplikasi saja Anda bisa langsung terhubung ke perawat yang professional, berpengalaman, dan tentunya tersertifikasi, untuk merawat orang tercinta di rumah.

Salah satu layanan home care yang banyak diminati oleh keluarga adalah layanan perawatan lansia. Kesibukan bekerja menjadi alasan banyak keluarga membutuhkan tenaga perawat dari Home Care untuk menjaga orang tua di rumah selama mereka tidak ada di rumah. Layanan perawatan lansia sendiri harus dilakukan oleh perawat yang memiliki lisensi, STR, pengalaman, serta latar belakang pendidikan yang sesuai.

Kriteria yang harus ada pada perawat lansia

Mencari perawat yang tepat untuk lansia memang tidak selalu mudah. Bahkan, banyak keluarga yang kebingungan bagaimana menentukan kriteria untuk perawat yang sesuai dengan lansia. Meski demikian, setidaknya ada beberapa kriteria umum yang harus dimiliki perawat lansia, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki pengalaman di bidang keperawatan

Salah satu kriteria penting yang harus ada pada perawat lansia adalah memiliki pengalaman dalam merawat orang dengan usia lanjut. Dengan begitu, sedikitnya perawat tersebut sudah memahami bagaimana cara merawat lansia dan apa yang harus dilakukan saat menghadapi lansia.

Jika lansia memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya cari seorang perawat yang sudah memiliki sertifikat khusus dalam memberikan penanganan medis. Hal ini dilakukan agar keluarga menjadi lebih tenang jika terpaksa harus meninggalkan lansia hanya dengan perawat.

  • Sabar dalam menghadapi lansia

Sebagai seorang perawat lansia, kesabaran merupakan salah satu kriteria yang juga tidak kalah penting. Hal ini disebabkan karena diperlukan jalinan komukasi yang baik antara perawat dan lansia. Saat memasuki usia senja, tidak sedikit lansia yang kehilangan kemampuannya untuk mengingat dan mulai bersikap seperti anak kecil.

Hal tersebut tentunya menjadi salah satu tantangan bagi para perawat lansia untuk melatih kesabaran. Dengan kesabaran yang tinggi maka akan memudahkan jalinan komunikasi dan hubungan yang baik antara perawat dengan lansia.

  • Memiliki rasa peduli yang besar terhadap lansia

Perawat lansia juga harus memiliki rasa peduli yang besar, khususnya terhadap lansia. Sebab, ada lansia yang memiliki kondisi kesehatan yang membuatnya tidak bisa berbicara dengan lancer, sehingga perawat lansia perlu memiliki kemampuan dalam memahami Bahasa tubuh dengan baik. Perawat juga harus lebih peka dengan kondisi yang sedang terjadi pada lansia.

  • Bisa membantu lansia agar aktif berkegiatan

Perawat lansia sebaiknya memang mengikuti keinginan dan kebutuhan lansia. Akan tetapi, bukan berarti perawat harus selalu pasif saat merawat lansia. Bantu lansia untuk aktif berkegiatan sesuai kemampuan agar lansia tidak bosan.

Jika masih memungkinkan, perawat dapat membawa lansia untuk beraktivitas di luar rumah, seperti aktivitas jalan-jalan sore, atau bahkan kegiatan olahraga yang dapat membuat tubuh lansia menjadi lebih sehat.

Anda tentu ingin memberi yang terbaik untuk orang tua tercinta, salah satunya dengan mencarikan perawat yang tepat dan terbaik agar lansia nyaman. Untuk itu, Home Care Green Care menyediakan layanan perawat lansia yang siap menjaga orang tua tercinta layaknya keluarga sendiri hingga 24 jam. Perawat lansia Home Care Green Care telah tersertifikasi, professional, dan berpengalaman. Home Care Green Care juga menajga privacy pasien dan keluarga tercinta, dimana semua informasi terkait pasien dan tindakan yang diberikan hanya bagi keluarga dan tim kesehatan.

Untuk pemesanan layanan Hubungi Care Center melalui panggilan telepon di 022 756 3115
atau Whatsapp di 0821 1885 1344. Dan kirimkan data diri dan kondisi pasien yang membutuhkan pelayanan. Kami akan mempersiapkan layanan dan profil perawat terbaik kami sesuai dengan kebutuhan pasien.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top