Homecare GC

Panduan Diet Sehat

Diet pada dasarnya adalah pola makan di mana cara dan jenis makannya diatur sedemikian rupa. Namun, banyak orang mengangap bahwa diet merupakan pola makan dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, simak cara diet sehat berikut agar Anda dapat menurunkan berat badan dengan cara yang benar.

Diet yang sehat rupanya bukan suatu perkara yang mudah, sebab jika salah strategi justru akan menjadi boomerang untuk orang yang menjalankannya. Itu sebabnya, diperlikan panduan diet sehat yang tepat untuk dapat mencapai berat badan yang diinginkan.

Berbeda dengan diet ketat yang mengharuskan untuk menahan rasa lapar, diet sehat tetap memperbolehkan Anda mengonsumsi makanan. Hanya saja ada aturan terkait makanan yang harus dikonsumsi, yakni harus makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Panduan Diet Sehat

Menghitung kalori yang dibutuhkan

Sebelumnya, ada baiknya jika Anda mengeyahui apa itu kalori. Kalori adalah satuan pengukuran untuk menyatakan jumlah energy dalam makanan. Mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan akan sangat membantu Anda untuk mengontrol berat badan.

Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Hal ini didasari oleh berbagai faktor, mulai dari usia hingga kondisi kesehatan setiap individu. Sebagai contoh, seorang penyandang obsitas (kelebihan berat badan) akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang ingin menurunkan berat badannya.

Dengan memperoleh jumlah kalori yang tepat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup. Alhasil, fungsi tubuh akan berjalan normal, mulai dari berpikir, bernapas, dan bernapas.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali dahulu kebutuhan kalori agar tubuh tetap berfungsi dengan baik dan berat badan yang diinginkan tercapai.

Mengatur porsi makan

Panduan diet sehat berikutnya adalah dengan mengatur porsi makan. sebab, pada saat diet bukan berarti Anda harus menghindari berbagai jenis makanan. Pasalnya, tubuh pun perlu mendapat asupan dari berbagai jenis makanan agar mendapat gizi seimbang, hanya saja Anda perlu mengatur porsinya dengan baik.

Idealnya, porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50% buah dan sayur dan sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Selain mengonsumsi makanan dengan porsi yang tepat dan gizi seimbang, jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak dan tinggi gula terutama pada malam hari.

Makan secara teratur

Jika Anda berpikir bahwa melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat, maka Anda salah besar. Faktanya, setiap waktu makan sangat penting dalam salah satu cara menjalani diet sehat.

Melewatkan waktu makan justru membuat tubuh menjadi cepat merasa lapar, gula darah naik/turun secara drastis, dan stres.

Makan sampai tidak merasa lapar

Panduan diet sehat berikutnya adalah dengan mengusahakan untuk makan sampai tidak merasa lapar. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak kelebihan energi yang nantinya akan disimpan sebagai lemak. Akibatnya, berat badan pun cepat naik. Oleh karena itu, makanlah di saat lapar dan berhenti makan ketika sudah tidak merasa lapar.

Jika Anda merasa perlu melakukan konsultasi gizi untuk mendukung program diet sehat Anda, Home Care Green Care siap memberikan layanan konsultasi gizi terbaik untuk Anda kapan pun dan di mana pun. Hubungi Care Center melalui panggilan telepon di 022 756 3115 atau Whatsapp di 0821 1885 1344. Dan
kirimkan data diri dan kondisi pasien yang membutuhkan pelayanan. Kami akan mempersiapkan
layanan dan profil ahli gizi terbaik kami sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top